Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

MENJAGA KELESTARIAN HIDUP

Materi Al Islam Kelas XI

Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

  1. Allah menciptakan alam dan manusia sebagai satu kesataun yang tak dapat dipisahkan. Allah menginginkan alam ini dimanfaatkan dengan bijaksana, penuh perhitungan dan kasih sayang sebagai perwujudan fitrah manusia.
  2. Manusia bisa memanfaatkan alam dengan kemampuan yang dimiliki yang berupa akal dan perasaan sebagai modal khalifatu fil ardi dengan tugas mulia memanfaatkan alam untuk kepentingan sesama dan  kepentingan lingkungan serta menjaga kelestariannya.
  3. Segala aktifitas manusia akan berhubungan dengan alam baik langsung maupun tidak langsung dalam skala kecil maupun besar.
  4. Bencana alam yang sering melanda tidak bisa lepas dari faktor manusia karena mengedepankan kepentingan pribadi dan nafsunya, sehingga mengambil kekayaan alam tanpa memperhitungkan dampaknya bagi manusia dan alam maka terjadilah berbagai macam bencana.
  5. Banyaknya kerusakan  akibat aktifitas manusia ini bertentangan dengan tugas kekhalifahan yang diemban manusia di muka bumi.
  6. Kerusakan di muka bumi dapat diartikan dalam bentuk fisik, berpaling dari jalan kebenaran Islam, menghasut orang untuk memusuhi Islam, menjadikan penduduk bumi berpecah belah, menggoncangkan keimanan orang-orang muslim, selalu mengadakan kekacauan dan lain-lain.

Kandungan QS Ar Rum (30) ayat  41-42

  1. Kerusakan di bumi dan tercemarnya daratan dan lautan adalah karena ulah tangan manusia sendiri.
  2. Allah menurunkan bencana sebagai peringatan Allah kepada manusia agar kembali ke jalan yang benar.
  3. Allah memerintahkan kepada manusia agar mengadakan perjalanan dan penjelajahan di muka bumi dengan memperhatikan akibat dari umat terdahulu yang berbuat kerusakan dan menyekutukan Allah sehingga menerima adzab.

Perilaku yang mencerminkan QS Ar Rum (30) ayat 41-42

  1. Apa saja yang ada di muka bumi ini disediakan Allah untuk manusia, maka hendaklah digali, dikelola dengan baik untuk kemaslahatan umat manusia.
  2. Jika dunia rusak, maka manusialah sendiri yang merugi. Oleh karena itu hendaklah manusia menghentikan segala aktifitas yang akan menimbulkan kerusakan.
  3. Hendaklah manusia dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari umat terdahulu yang mendapat adzab karena berbuat kerusakan di muka bumi dan menyekutukan Allah.

Kandungan QS Al A’raf (7) ayat 56 – 58

  1. Larangan berbuat kerusakan di muka bumi setelah Allah memperbaiki. Berdoalah kepada Allah dengan rasa takut tidak diterima dan penuh harap untuk terkabulnya doa.
  2. Proses hujan diawali dengan tertiupnya angin yang membawa awan mendung yang dihalau ke tempat tandus lalu turunlah hujan. Dengan turunnya hujan tumbuh buah-buahan dan tanaman dari tanah. Tanah yang baik menjadikan tanamannya baik sedangkan tanah yang tandus menjadikan tanamannya tumbuh merana dan kurang baik.
  3. Bagi Allah mudah saja membangkitkan orang mati sebagai tanda kebesaran dan kekuasaan Allah. Hendaklah kita mengambil ibrah terlebih bagi yang pandai bersyukur.

Perilaku QS Al A’raf (7) atay 56 – 58

  1. Kita tidak boleh berbuat kerusakan di muka bumi, sebaliknya selalu memelihara kelestarian lingkungan hidup.
  2. Dalam berdoa harus memperhatikan adab dan tata caranya diantaranya dengan rendah diri dan penuh harapan.
  3. Dengan rahmat Allah yang berupa hujan maka tumbuhlah berbagai macam tanaman untuk kepentingan manusia.
  4. Kelak manusia akan dibangkitkan kembali oleh Allah seperti fenomena alam ketika Allah menumbuhkan tanaman dari tanah dan manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas segala aktifitasnya di dunia.

Kandungan QS Shaad ayat 27

  1. Apapun yang diciptakan Allah di muka bumi pasti ada guna dan manfaatnya tidak ada yang sia-sia dan tanpa hikmah.
  2. Orang kafir beranggapan ciptaan Allah itu sia-sia, tak ada guna dan manfaatnya sehingga orang kafir akan celaka dan masuk neraka.

Perilaku yang mencerminkan QS Shaad ayat 27

  1. Kita harus percaya dan yakin bahwa apapun ciptaan Allah pasti ada guna, manfaat dan hikmahnya serta tidak sia-sia.
  2. Orang yang beranggapan ada sebagian ciptaan Allah tidak ada manfaatnya maka akan velaka dan masuk neraka yaitu dijuluki kafir.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s